Home » , » Hadiah Domain .id Internet Sehat

Hadiah Domain .id Internet Sehat


Internet - Alhamdulillah sesuatu yang tak pernah diduga sebelumnya ketika niat tulus untuk berpartisipasi dalam menciptakan konten internet yang sehat, justru berujung kepada perolehan penghargaan yang begitu tinggi. Ya, sebuah domain tingkat atas untuk negara Indonesia dengan akhiran .id (dot id) telah dihadiahkan untuk BP. 

Domain anything.id di Indonesia memang tidak dapat dimiliki oleh sembarangan pihak, dan untuk mendapatkannya juga harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Selain keeksklusifan tersebut, harga untuk domain .id ini sendiri terbilang cukup mahal bagi kantong blogger desa seperti BP. Harga termurahnya ada dikisaran Rp 500rb-an dan harga tertinggi yang pernah ditemukan yaitu dikisaran Rp 500 jutaan (eh iya beneran lho segitu, terutama yang dua atau tiga huruf saja memang harganya mahal-mahal) di Qwords.com . Jadi kamu bisa bayangkan betapa bahagianya BP saat ini yang memperoleh domain tingkat atas yang beralamat di www.prapto.id


Dapat Hadiah Domain .id Darimana?

Ceritanya bulan November - Desember 2014 yang lalu Internet Sehat menggelar acara 50 Blogger Peduli yang mengangkat tema seputar kegiatan kita saat berselancar di internet. Ada dua topik utama yang dijadikan fokus tulisan bagi blogger yang ingin berpartisipasi, yaitu :
  1. Merawat kebebasan berekspresi yang beretika di Internet
  2. Menjaga keselamatan anak dan remaja di ranah maya
Karena topiknya ada yang menarik minat dan sesuai dengan bidang akademik BP sebagai guru bagi anak-anak, maka dicurahkanlah pandangan untuk topik itu kedalam tulisan blog dengan judul Keselamatan Anak dan Remaja di Ranah Maya berdasarkan temuan fakta terhadap anak dan remaja di sekitar tempat tinggal.

Selain itu juga dilakukan riset sederhana dengan didukung teori singkat seputar perkembangan anak dan remaja di Indonesia. Target utamanya memang BP sasar ke orang tua yang mengakses dan membaca situs blog yang dimiliki. Dengan dibuatnya tulisan blog tersebut diharapkan orang tua semakin sadar untuk terlibat langsung dalam menjaga keselamatan anak dan remajanya. Selain melakukan penekanan terhadap orang tua, juga dilakukan smoth warning bagi para guru dan masyarakat yang memiliki kepedulian, serta bagi para blogger yang menyuguhkan informasi agar lebih selektif.

Eh tidak tahunya saat pengumuman 50 Blogger Peduli ternyata masuk dalam nominasi yang memperoleh hadiah domain Indonesia anything.id Alhamdulillah, bahagia banget rasanya.

Setelah melalui tahap verifikasi dan konfirmasi yang dilanjutkan dengan order domain di Qwords.com sebagai partner Internet Sehat untuk jasa penyedia domain Indonesia, akhirnya domain berhasil aktif pada tanggal 28 Desember 2014. Alhamdulillah, senang bahagia gembira dan haru yang tak mampu terungkap dalam kata.

2 komentar:

Setiap komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum tampil, Mengenai tampil dan tidaknya komentar Kamu, itu menjadi hak prerogratif Bung Prapto! No live Link yeach!