Home » , » Tak Ada Sebulan Sudah Putus

Tak Ada Sebulan Sudah Putus


Post Otomotif - Rasa-rasanya tak ada sebulan berlalu, bohlam lampu depan vixion versi lawas itupun putus lagi. Jika menilik sejarah semenjak pembelian a.k.a inreyen dua tahun silam, yang paling sering putus adalah filamen pada bohlam lampu depan yang memancarkan cahaya dekat (low beam). Sedangkan untuk filamen bohlam lampu depan vixion yang memancarkan cahaya jauh (high beam) tercatat justru belum pernah putus.

Penggantian bohlam lampu depan vixion versi lama
Dari pengamatan terhadap lampu depan old vixion, mayoritas filamen meleleh layaknya tenol yang disolder, pada saat lampu putus. Tapi yang membuat BP sedikit bingung adalah penyebab putusnya bohlam lampu depan vixion tersebut. 

Apakah karena cara berkendara yang terlalu kencang (rpm tinggi) atau memang karena ada jalur kelistrikan yang bermasalah atau konslet. Atau mungkinkah juga karena kontur jalan bergelombang yang sering BP lalui. Tapi sudahlah, keterbatasan pengetahuan pada kelistrikkan motor membuat BP menyerah untuk mencari tahu lebih dalam. 

Yang jelas saat bohlam lampu depan vixion sudah mati, alangkah baiknya untuk segera melakukan penggantian. Tujuannya tentu untuk menghindari kemungkinan merembetnya kerusakan pada jalur kelistrikan motor yang lainnya. Untuk kisaran harga bohlam lampu depan vixion di bengkel resmi ada pada angka 70rb (berdasarkan hasil penelusuran di internet). Tapi semenjak beberapa kali putus, BP lebih nyaman 'dikantong' untuk membeli yang KW saja he he he.

Untuk bohlam vixion yang pancaran cahayanya kuning (all sesion) bulan lalu ditebus dengan harga 18rb. Sedangkan untuk edisi kali ini yang pancaran cahayanya standar merk 'osr*m' ditebus dengan harga 27rb di bengkel motor kota kecamatan Masaran, Sragen.

Semoga saja untuk bohlam lampu depan vixion old ini bisa bertahan lama, ya setidaknya bisa enam bulan lah he hehe...

3 komentar:

  1. ko cepet amat putus mas, punya suami sy awet
    dulu gampang putus karena ada masalah sama akinya tapi setelah diganti aki jadi awet. Kalau ga salah udah lebih dari 5 taun baru 3x ganti dan itupun yg pertama putus karena jatoh dijalan aspal dan keseret lumayan jauh :(

    BalasHapus
  2. Oh iya nambah mas, punya ade ipar yg vixion baru lampu depan putus gara2 abis utak-atik kelistrikan kalau ga salah pakai alrm dan klakson yg berisik dan lagi2 setelah aki diganti jadi awet sampe sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah berarti indikasinya ada di sumber listrik motor vixion saya ya mbak, di akinya. oke coba pas service rutin dibengkel resmi nanti tak konsultasikan sama mekaniknya, thanks infonya

      Hapus

Setiap komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum tampil, Mengenai tampil dan tidaknya komentar Kamu, itu menjadi hak prerogratif Bung Prapto! No live Link yeach!