Home » , , » Rapotan Usai saatnya Liburan

Rapotan Usai saatnya Liburan

Pendidikan - Agenda pendidikan pun telah sampai pada saat penerimaan rapot, dimana para pelajar mulai dari tingkat dasar hingga sekolah menengah telah menerima laporan hasil belajar selama semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Wali murid pun berkunjung ke sekolah putra-putri mereka untuk menerima laporan hasil belajar, entah itu yang rapotnya masih menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) atau yang sudah menggunakan kurikulum 2013 yang berbentuk deskripsi kualitatif.
Suasana Penerimaan Rapot di MI Muhammadiyah Bentak 2014

Tak jarang beberapa wali murid yang menerima rapot kurikulum 2013 menunjukkan raut yang kurang puas dengan bentuk rapotnya, karena tidak tercantum nilai-nilai angka seperti pada KTSP. Namun ada juga pihak sekolah yang berbaik hati untuk mencantumkan transkrip nilai kuantitatif sebagai lampiran rapot K13.

Mari sejenak kita lupakan hiruk pikuk tersebut dan mulai menyusun rencana untuk berlibur bersama keluarga dan anak-anak tercinta. Agar mereka juga turut gembira dan siap kembali belajar dengan suasana fresh di semester genap nanti. Banyak lokasi liburan edukatif di negeri ini dan bahkan setiap lokasi wisata dapat dijadikan sarana edukatif bagi anak didik.

Dengan melibatkan anak untuk menentukan lokasi liburan akan membentuk rasa tanggung jawab anak, sehingga menumbuhkan rasa kepedulian antar sesama anggota keluarga. Tentu orang tua diharapkan telah memiliki alternatif-alternatif tujuan tempat liburan yang menarik dan ramah anak.
Akan tetapi, juga perlu diperhatikan pula kondisi cuaca yang saat ini memasuki musim penghujan, dimana curah hujan yang cukup tinggi terjadi pada bulan Desember. Kesehatan anak dan anggota keluarga lainnya adalah yang utama agar dapat menikmati suasana liburan keluarga yang menyenangkan.

Oh iya, hampir terlupakan bahwa di beberapa sekolah (biasanya sekolah tingkat dasar) mengadakan jadwal piket untuk membersihkan sekolah pada waktu liburan. Tujuannya tidak lain adalah untuk membiasakan anak dalam menjaga kebersihan lingkungannya, dimana anak dibentuk untuk memiliki rasa tanggung jawab dan berpartisipasi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekolahnya sebagai warga sekolah.

Alangkah lebih baiknya dikomunikasikan dengan wali kelas atau pihak sekolah terkait jadwal piket semasa liburan. Kalau semisal agenda liburan keluarganya lintas provinsi atau bahkan lintas pulau, tentu perlu memberitahukan kepada pihak sekolah agar tidak muncul rasa cemas saat jadwal piket liburan. Insya Allah pihak sekolah akan senang hati menerima informasi tersebut dari wali muridnya.

Oke deh, selamat berlibur dan sampai jumpa di semester genap dengan suasana belajar yang baru.

2 komentar:

  1. liburan stelah ujian itu memang asik yaa, melepas penat yg sbelumnya banyak belajar terus

    Paket Wisata Lombok
    Mutiara Lombok

    BalasHapus
  2. anak saya juga rapotan dan udah UN selesai smp, sekarang mau masuk sma... tapi saya dengar kalo maumasuk sma sma favorite ada pakai sogokan uang .. apa bener itu pak ?

    BalasHapus

Setiap komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum tampil, Mengenai tampil dan tidaknya komentar Kamu, itu menjadi hak prerogratif Bung Prapto! No live Link yeach!